Rabu, 13 Oktober 2010

materi I ( ruang lingkup bisnis )

pengertian bisnis adalah bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. bisnis juga bisa diartikan sebagai gambaran umum tentang semua aktifitas yang memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. pengertian bisnis juga memuat 4 aspek, yaitu : untuk mendapatkan laba, menghasilkan barang dan jasa, suatu kegiatan usaha, dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari - hari.
  jenis - jenis bisnis ada 4 yaitu :
1. monopsoni
2. oligopoli
3. oligopsoni
4. pasar monopoli
  kegiatan bisnis ini juga sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari - hari. kegiatan bisnis ini meliputi : perdagangan ( melalui pedagang ), pengangkutan ( dengan alat transport ), penyimpanan, pembelanjaan, dan pemberi informasi ( dengan melakukan promosi ).
tujuan bisnis adalah dalam bidang ekonomi untuk mendapatkan atau menghasilkan keuntungan, sedangkan dalam bidang sosial untuk memenuhi kebutuhan masayarakat dalam sehari - hari.
  setiap negara mempunyai sistem perekonomian  yang berbeda - beda. sistem perekonomian di negara di bantu atau ada campur tangan dari pemerintah. sistem perekonomian mempunyai jenis - jenis, yaitu : berdasarkan mekanisme koordinasinya ada 3. yaitu :
1. sistem tradisi ( tradition economy )
2. sistem komando
3. sistem pasar..
sistem pasar adalah merupakan dari jenis - jenis dari sistem perekonomian yang memiliki arti yang mengandalkan interaksi kekuatan penawaran dan permintaan sebagai alat alokasi yang sangat efesien.
bentuk dari sistem perekonomian adalah sebagai berikut :
~ merkantilisme
~ fasisme
~ sosialisme
~ demokrasi ekonomi
kita melakukan bisnis untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis yang kita jalankan.. dalam aktivitas ekonomi unsur utamanya adalah untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat yang setiap hari bertambah, dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. dan yang paling penting mempunyai modal dan sumber daya.
pengertian kesempatan bisnis adalah suatu peluang bisnis yang ada dan selalu berkembag seiring perkembangan masa, karean kebutuhan dan keinginan manusia yang makin berkembang dan beraneka ragam dan tanpa batas. hakikat bisnis adalah kebutuhan manusia yang berupa barang dan jasa yang harus dipenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayaran yang berupa uang atau saling tukar menukar barang yang disebut dengan barter yang saling menguntungkan satu sama lain dan mendapatkan kepuasan. dengan belajar bisnis kita bisa : menjadikan kita mempunyai jiwa kewirausahaan, dapat mengetahui tentang hukum perdagangan sehingga kita dapat mengerti prosedur dalam melakukan tindakan perdagangan.
Manfaat kita belajar bisnis adalah : membuat kita sukse berkarir bisnis dunia, membantu kita untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien didunia bisnis, dan memberikan kita kemampuan seperti : melihat, menganalisis, menyelesaikan masalah, mengambil keputusan bisnsi yang benar tentang berbagai aktivitas dan obyek bisnis.

sumber :
http://www.google.com
buku pengantar bisnis modern. pengarang : DR. BASU SWASTHA DH., SE., MBA. dan IBNU SUKOTJO W. SE. penerbit LIBERTY YOGYAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar