Rabu, 13 Oktober 2010

materi II ( perusahaan dan lingkungan perusahaan )

perusahaan adalah sebagai suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber - sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.dalam perusahaan ada unsur penting yang mendukung perusahaan, yaitu : organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan, dan cara yang menguntungkan.
letak perusahaan adalah letak dimana suatu perusahaan melakukan kegiatannya sehari - hari atau bisa di sebut juga dengan perusahaan pusat. jenis - jenis letak perusahaan ada 4 jenis, yaitu :
1. letak perusahaan yang berkaitan dengan alam
contoh : perusahaan timah, emas, dan minyak
2. letak perusahaan yang berdasarkan sejarah
contoh : perusahaan batik
3. letak perusahaan yang di tetapkan oleh pemerintah
contoh : perusahaan kimia
4. letak perusahaan yang di pengaruhi faktor - faktor ekonomi

tujuan dari pendirian perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, untuk kesejahteraan anggota, untuk kesejahteraan masyarakat. banyak hal yang bisa buat pertimbangan untuk mendirikan sebuah perusahaan, yaitu :
~ jenis usaha apa yang akan di lakasanakan
~ jumlah modal usaha dan mungkin untuk menambahkan modal usaha
~ rencana pembagian modal
~ jangka waktu berdirinya perusahaan
~ penentuan tanggung jawab perusahaan
Perusahaan juga mempunyai ciri - ciri, sebagai berikut :
~ keinginan bertindak
~ kontak terus menerus dengan nasabah
~ perbaikan produktivitas dengan melalaui orang banyak
~ sangat mengutamakan satu nilai bisnis yang pokok
Kondisi bisnis banyak yang berpengaruh pada kehidupan kita, oleh karena itu perusahaan - perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor - faktor yang sangat mempengaruhi perisahaan baik dalam organisasi maupun kegiatannya. faktor - faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek - aspek ekonomi, polotik, sosial, etika, hukum, dan ekologi atau fisik dan sebagainya. masing - masing faktor tersebut saling menunjang dan saling mempengaruhi perusahaan. jenis - jenis lingkungan perusahaan adalah lingkungan fisik, energi, dan konservasi, lingkungan hukum, lingkungan pemerintah, lingkungan internasional, dan lingkunga perekonomian. pendekatan dalam bisnis dan lingkungan dapat dilihat dari : kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu di pengaruhi oleh lingkungan hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan tersingkirkan dari kancah perbisnisan. pada mulanya telah di lakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa berbisnislah yang merupakan hal yang sanga terpenting atau yang menduduki titik - titik sentral, sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. setelah sebuah bisnis yang kita bangun mulai berjalan, kita akan menegetahui cara sistem perusahaan bagaimana. sudah layaknya kita mulai berpikir bagaimana untuk membangun sistem.


SUMBER :
~ http://www.google.com
~ http://vidyvirgo-virgo.blogspot.com/2009/12/sistem-perekonomian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar